70 Anggota Paskibraka Barsel Akan Dikukuhkan, Besok

DEDDY/BERITA SAMPIT : 70 orang anggota Paskibraka Kabupaten Barsel, saat latihan pengibaran bendera di halaman kantor Bupati Barsel.

BUNTOK – Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) memastikan pada tanggal 16 Agsutus 2022 pukul 15.30  WIB, sebanyak 70 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di daerah tersebut akan dikukuhkan.

Pengukuhan 70 anggota Paskibraka nantinya akan dikukuhkan oleh Pejabat Bupati (Pj) Barito Selatan Lisda Arriyana, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Barsel Dr. Manat Simanjuntak, M.Pd kepada Berita Sampit disela-sela kegiatan latihan anggota Paskibra tersebut, Senin 15 Agustus 2022, mengatakan di tahun 2022 ini pihaknya berhasil menjaring sebanyak 70 putra-putri dari seluruh Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Kabupaten Barsel baik SMA, SMK dan MAN dengan rincian 40 putra dan 28 putri.

BACA JUGA:   Kejati Kalteng Geledah Dinkes Barsel, Dugaan Kasus Korupsi Dana BOK 2021

“Untuk kualifikasi disamping berbadan sehat, juga sehat jasmani dan rohani, sedangkan tinggi badan untuk putra 170 centimeter dan putri 160 centimeter. Selain itu juga untuk diketahui bersama, bahwa Kabupaten Barsel sendiri juga telah berhasil meloloskan empat orang siswa yang lulus seleksi sebagai anggota Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Menurut Manat Simanjuntak, 70 anggota paskibraka dikarantina selama lima hari, dari tanggal 13 Agustus 2022  hingga hari H atau selesai bertugas nantinya.

“Untuk sesi latihan, kita percayakan kepada para pelatih yaitu dari Kodim 1012 Buntok dan Polres Barsel,” jelasnya.

Selain itu juga lanjutnya, ada dua pasukan pengawal yakni dua orang dari Kodim 1012 Buntok dan dua orang dari Polres Barsel, Danpas satu orang dari Kodim 1012 Buntok dan satu orang dari Polres Barsel.

BACA JUGA:   Kejati Kalteng Geledah Dinkes Barsel, Dugaan Kasus Korupsi Dana BOK 2021

“Jadi betul-betul kita libatkan, semua dan juga di dampingi oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Barsel,” terangnya.

Ia berharap seluruh anggota Paskibra tetap sehat dan bugar agar dapat bertugas dengan baik pada saat upacara pengibaran bendera dan penurunan bendera 17 Agustus 2022 nanti.

“Jika mereka nantinya kembali kepada masyarakat dan kembali ke sekolah masing-masing diharapkan bisa menjadi lebih mandiri, lebih dewasa serta lebih disiplin untuk mempersiapkan masa depan dan juga memberikan contoh kepada teman-teman dimanapun mereka bersekolah,” pungkas Manat Simanjuntak. (ded)

(Visited 1 times, 1 visits today)