Dewan Prihatin PMI Katingan Belum Punya Kantor Sendiri

KAWIT/ BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono. Kamis 11 Agustus 2022.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono merasa prihatin Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Katingan hingga sekarang belum memiliki kantor atau sekretariat.

Dia mengaku selama ini dirinya tidak mengetahui dimana sekretariat PMI sebelumnya, padahal keberadaan PMI di Katingan sudah cukup lama.

Politisi Golkar tersebut tersebut berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa memfasilitasi pemijaman atau pembangunan kantor PMI agar organisasi ini bisa lebih bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan khususnya di Bumi Penyang Hinjei Simpei tersebut.

“Semoga dalam waktu dekat PMI Katingan sudah ada Sekretariat, agar kegiatan PMI bisa berjalan dan terfokus terhadap program-program yang telah disusun untuk membantu aksi kemanusian,” ungkapnya usai menghadiri pelantikan PMI Katingan. Kamis, 11 Agustus 2022.

Pria yang juga wakil Ketua bidang Penanggulangan Bencana PMI Katingan tersebut berharap dengan dilantiknya pengurus baru ini bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan pemerintah daerah dalam pembangunan.

BACA JUGA:   BREAKING NEWS : Sebuah Gudang Triplek Terbakar di Wilayah Katingan

“Harapan kita PMI sebagai organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, terus berkomitmen untuk memberikan layanan tanpa memihak golongan politik, ras, suku, ataupun agama tertentu,” ucapnya.

Anggota DPRD dapil III yang meliputi Kecamatan Marikit, Kecamatan Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya itu mengatakan kegiatan PMI tidak hanya pada donor darah, namun untuk kemanusiaan secara umum diantaranya terjun di kebencanaan.

“PMI Katingan sudah buktikan itu, banjir-banjir terdahulu kan PMI terjun kelapangan, cumankan untuk banjir sekarang kita harus melihat dulu banjirnya seberapa parah. Tapi yang jelas PMI selama ini saya lihat konsisten dalam aksi kemanusianya,” tuturnya.

Sebelumnya Ketua PMI Kabupaten Katingan Nanang Surinasyah mengatakan setelah pengurus PMI sebelumnya berakhir. PMI Katingan sempat mengalami kevakuman kepengurusan.

Kemudian baru sejak tanggal 31 Desember 2021 yang lalu baru terbentuk kembali kepengurusan yang baru. Dia berharap dengan dibentuknya kepengurusan yang baru ini bisa mendapatkan dukungan dari Pemkab Katingan. Selain itu juga dukungan dan binaan dari PMI Kalteng dalam melaksanakan tugas kemanusiaan.

BACA JUGA:   Dilantik Sebagai Ketua PBSI Katingan, Sugiyanto Percaya Sakariyas Mampu Bawa Nama Harum Daerah

“Sampai saat ini belum memiliki sekretariat, semoga dalam waktu dekat ini PMI Katingan bisa mendapatkan sekretariat markas PMI Katingan agar memudahkan dalam roda organisasi, dan keberadaan PMI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Katingan,” harapannya.

Meski selama ini PMI Katingan tidak mempunyai dana operasional, PMI Katingan tetap eksis bergerak dibidang kemanusiaan, terbukti dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan kemanusiaan di Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Katingan Hilir, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala.

“Kegiatan yang kami lakukan dalam bentuk pemberian pengobatan gratis, promosi kesehatan dan lainnya, sekali lagi saya mohon pak Sekda dukungannya untuk membantu PMI terutama soal markas PMI,” pungkasnya.

(Kawit)

(Visited 1 times, 1 visits today)