Kelompok KKN Kebangsaan Desa Naning Sosialisasi PHBS Kebersihan Diri dan Lingkungan Pada Siswa SDN 1

IST/BERITA SAMPIT - Kelompok KKN Kebangsaan UPR di Desa Naning, Kecamatan Basarang Naning saat memberikan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada anak-Anak yang berada di SDN 1 Naning.

KUALA KAPUAS – Pada pagi hari ini Rabu, 10 Agustus 2022, seluruh peserta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Universitas Palangka Raya dari kelompok Desa Naning melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak-Anak yang berada di SDN 1 Naning sebagai generasi masa depan.

Kegiatan sosialisasi yang diberi tema kebersihan diri dan lingkungan. Memberikan informasi, edukasi, serta praktik langsung kepada peserta didik agar dapat menerapkan cara hidup sehat, serta memelihara dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Ketua kelompok KKN Kebangsaan UPR di Desa Naning, Kecamatan Basarang Naning, Sunita Anggreny mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut dimulai dari sosialisasi dengan beberapa subtopik materi dengan beberapa animasi dan bernyanyi bersama, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung mencuci tangan yang baik dan benar dengan enam langkah cuci tangan.

Selain itu, lanjutnya dilakukan pula praktik menggosok gigi yang baik dan benar dengan diajarkan dan didampingi secara langsung oleh peserta KKN kepada para peserta didik. Dimana kegiatan tersebut bermaksud sebagai upaya untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik agar dapat menyadari pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Yang dimulai dengan menjaga kebersihan diri sendiri, seperti mencuci tangan, menggosok gigi, menjaga kebersihan kaki, menggunting kuku, etika batuk dan bersin, serta menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya,”terang Sunita Anggreny. melalui rilis yang diterima wartwan beritasampit.co.id, Rabu 10 Agustus 2022.

“Kesehatan merupakan hak paling fundamental dan universal yang dimiliki setiap manusia. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara menangani penyakit yang paling mudah dan murah adalah dengan cara mencegahnya,” sambungnya.

Dijelaskanya, PHBS adalah salah satu cara untuk mencegah berbagai macam penyakit yang mengintai. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengajarkan mengenai PHBS dengan metode yang efektif dan menarik sejak dini, dengan tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda.

“tetapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan. Kami harap, apa yang kami ajarkan hari ini dapat bermanfaat dan diterapkan oleh adik-adik siswa di SD Negeri 1 Naning,” sebutannya.

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKN Kebangsaan di Desa, Kecamatan Basarang Naning tersebut disambut baik dan didukung penuh oleh pihak sekolah, baik kepala sekolah maupun seluruh staf pengajar.

“Kegiatan hari ini terkait dengan PHBS, kami dari pihak sekolah mendukung, karena khusus pada anak-anak melakukan hal yang baru. selama pandemi kita memang tidak ada melakukan kegiatan ini,Kepala Sekolah SD Negeri 1 Naning, Nyoman Astina.

“Sebelumnya ada dari pihak Puskesmas, kalau tidak salah sudah dua tahun tidak ada lagi. Harapannya setelah kegiatan ini akan menjadi lebih baik untuk anak-anak terutama masalah kesehatan. Artinya mendapatkan ilmu agar mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan yang sebenarnya,” harapnya.

Dalam melakukan kegiatan Sosialisasi tersebut, para peserta kelompok KKN Kebangsaan di Desa, Kecamatan Basarang disambut baik oleh para peserta didik dalam berpartisipasi dalam menyambut kegiatan ini dengan antusias dan gembira. Saat praktik dilakukan mereka sangat aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh peserta KKN.

“Kerja sama yang baik dari seluruh anggota selama kegiatan yang membuat kegiatan ini terlaksana dan berjalan dengan sangat baik, dan Alhamdulillah atas berjalannya kegiatan PHBS yang diselenggarakan oleh para mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Naning, Saya berharap apa yang disampaikan dapat menjadi pelajaran untuk adik-adik kita.

“Karena sangat penting dari sekarang tentang kesehatan, seperti hal kecil mulai dari sikat gigi, mencuci tangan, menggunakan alas kaki, dan membuang sampah pada tempatnya. Besar harapan Saya kedepannya yang kita sampaikan dapat dipraktikkan oleh adik-adik di SDN 1 Naning. Selain itu, ucapan terima kasih Saya sampaikan kepada penanggungjawab kegiatan dan seluruh peserta KKN Kebangsaan atas kerjasamanya selama kegiatan berlangsung” tutup mahasiswa asal Universitas Maritim Raja Ali Haji. (ale).

(Visited 1 times, 1 visits today)